RPP SENI BUDAYA berkarakter (New)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP. 1)

 

NAMA SEKOLAH               : MAN 2 Parepare

Mata Pelajaran                        : Seni Budaya

Kelas / Semester                      : XII / GANJIL

Alokasi Waktu                       : 2 x 45 menit

MATERI PELAJARAN        : Seni Rupa

  1.  Standar Kompetensi                 : 1.  Mengapresiasi Karya Seni Rupa
  1.  Kompetensi Dasar                     :1.2. Menjelaskan perkembangan seni rupa modern
  1.  INDIKATOR    :
  • Proses perkembangan  karya seni rupa modern secara lisan atau tertulis
  • Menidentifikasi corak /aliran seni rupa modern (Lukisan)
  1. KOGNITIF  :
    1. Produk :   Memahami karya seni rupa modern
    2. Proses  :   Menyimak karya seni rupa modern
  1. FSIKOMOTOR

Mengamati karya seni rupa modern

AFEKTIF

Karakter

Jujur dalam menilai karya seni rupa modern

      1. Bertanggung jawab dalam menilai karya seni rupa modern
      2. Hati-hati dalam mengevaluasi karya seni rupa modern
      3. Teliti dalam menentukan karya seni rupa modern
      4.  Keterampilan sosial
        1.  Mengajukan pertanyaan
        2. Menyumbangkan ide atau pendapat
        3. Menjadi pendenga yang baik
        4. Berkomunikasi secara santun
  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat menjelaskan Proses perkembangan  karya seni rupa modern secara lisan atau tertulis
  • Menidentifikasi corak /aliran seni rupa modern (Lukisan
  1. A.     KOGNITIF
    1.  Produk :   Siswa dapat Memahami karya seni rupa modern
    2. Proses  :   Siawa dapat  Menyimak karya seni rupa modern
  1. B.      FSIKOMOTOR  :   Sisdwa dapat mengamati karya seni rupa modern
  2. C.    AFEKTIF :
    1. Karakter                    :  Rasa percaya diri
    2. Keterampilan Sosial :  Kepedulian siswa secara berkelompok
  1. MATERI AJAR :
    • Seni rupa murni modern .

Seni rupa yang tidak terbatas pada kebudayaan atau suatu adat, namun tetap berdasarkan pada sebuah filosofi

    • Ciri seni rupa modern /kontemporer

–  Konsep penciptaannya tetap berbasis pada sebuah filosofi, tetapi penyebaran visualisasinya tidak terbatas.

    • Konsep penciptaan karya seni rupa modern (seni lukis)

Seniman mengekspresikan ide dan perasaan melalui suatu media dan bahan secara bebas, mislany melukis dengan cat minyak

diatas kanvas.

  1.  MODEL dan METODE PEMBELAJARAN

–       Model pembelajaran  :  Jigsaw,  CTL

–  Metode Pembelajaran

  •  Ceramah bervariasi
  • Diskusi tanya jawab,
  1.  SUBER dan MEDIA PEMBELAJARAN

Buku Paket

Buku Paket Senirupa dan desain  Kelas XII

Pengarang : agus soehari

Penerbit     : Erlangga Jakarta

Buku Paket Kesenian Kelas XII

Pengarang : Yayat Nursantara

Penerbit     : Erlangga        Jakarta

Media elektronik Internet

CD, dan Peralatan Teknologi yang Relevan

  1. PROSES BELAJAR MENGAJAR
    1. A.    Pendahuluan

Kegiatan

Waktu

 

  1. Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan membaca Basmalah dan berdo’a

2. Menjelaskan Materi yang akan diajarkan beserta kompetensi yang      akadicapai.

  1. Meminta siswa untuk menyiapkan buku sumber

 

 

25  menit

Kegiatan Inti

KEGIATAN

Waktu

 

  1. Guru menugaskan siswa untuk menyiapkan materi ( eksplorasi internet)
  2. Siswa mendiskusikan Seni rupa modern /kontemporer Mancanegara
  3. Siswa menjelaskan sejarah perkembangan  Seni rupa modern /kontemporer Mancanegara

 

45  menit

 

C.    Penutup.

Kegiatan

Waktu

 

  1. Guru memberikan tugas  menyusun laporan tentang corak/aliran seni lukis
  2. 2.  Tyugas membuat klipping foto lukisan berdasarkan Corak/aliran seni lukis di internet

 

20 menit

  1. PENILAIAN
    1. Teknik penilaian    :  Tes lisan /  tertulis, tagihan
    2. Bentuk instrumen   :   Soal essay.

Laporan klipping foto lukisan berbagai corak/ aliran

  1. Instrumen penilaian .

Soal essay :

  1. Jelaskan pengertian seni rupa modern
  2. Sebutkan ciri-ciri seni rupa modern
  3. Jelaskan yang dimaksud corak/aliran seni lukis.
  4. Sebutkan empat jenis aliran seni lukis
  5. Jelaskan perbedaan aliran Abstrakisme dengan eksresionisme.
  6. Tuliskan 3 tokoh pelukis di Indoensia.

No.

Soal

Uraian jawaban

Skor

1.

2.

3

4

5

6

Seni rupa yang tidak terbats pada kebudayaan atau adat

–  Penciptaannya berbasis pada filosofi

–  Tidak terikat pada pakem-pakem tertentu

Gaya, dan warna dari sebuah karya lukis

Naturalisme, realisme, kubisme, surealisme

Abstrak menggali obyek dari hal tidak nyata, ekspresionisme ekspresi perasaan senimannya.

Raden saleh, Affandy, Basuk Abdullah

30

20

12

5

10

5

  Nilai maksimal  

Skor yang dinilai

Nilai  =     ————————  x  100 %

Nilai Maksmimal

DAFTAR PUSTAKA :

Yayat Nusantara,2011. Seni Budaya SMA Kelas XII.  Erlangga, Jakarta.

Makassar, 1  Oktober 2011

Instruktur,                                                             Guru Bidang studi,

 

 

(                                               )                                     Ummatang DF

 

Hasil worshop PLPG Diklat sertifikasi Guru Seni Budaya kemenag Angkt XI , tanggal  26 September s/d 04 Oktober ,

Lokasi Yayasan Darul Salam Makassar

 

Tentang fhetan

Sukses selalu...
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s